Home Traveling 4 Hari Backpacker di Bangkok Hanya 3 Jutaan

4 Hari Backpacker di Bangkok Hanya 3 Jutaan

244
0
4 Hari Backpacker di Bangkok Hanya 3 Jutaan

Jika kita bicara liburan keluar negeri, yang terpikirkan pertama kali adalah masalah biayanya yang mahal. Namun seiring perkembangan jaman, dengan informasi yang semakin mudah didapatkan, biaya ini dapat di minimalisir sehingga liburan dapat direalisasikan dengan budget yang semakin murah.

Sejak diketahuinya bujet traveler yang booming pada tahun 2000an di Asia, beberapa negara giat mempromosikan fasilitas akomodasi seperti hotel dan penerbangan murah. Beberapa maskapai menyiapkan low cost carrier untuk melayani pelancong ini. Selain ini penginapan murah juga dibuka dengan konsep baru seperti hostel dan domitory.

Bangkok adalah salah satu destinasi pilihan bagi para traveler. Kota tersebut mempunyai fasilitas yang  lengkap untuk para pelancong. Dari destinasi, akomodasi sampai transportasi, di kota ini dapat diperoleh dengan biaya yang tidak terlalu mahal.

Kami sendiri telah membuktikan, menjadi backpacker ke bangkok dengan durasi waktu 4 hari hanya menghabiskan sekitar 3 jutaan. Dan itu sudah termasuk tiket pesawat, penginapan, makan dan tentu saja oleh-oleh khas Bangkok. Seperti apa caranya? Simak ulasan selengkapnya disini!

1. Pilihan Waktu Traveling

Beberapa faktor yang mempengaruhi biaya traveling yaitu waktu berkunjung. Meskipun Bangkok tidak mengenal low season atau high season untuk bulan-bulan tertentu, di Bangkok terkadang mengalami penurunan angka kunjungan turis yang relatif rendah. Ini biasa terjadi pada bulan juni hingga september.

Cuaca pada bulan tersebut bisa dikatakan fluktuatif, terkadang curah hujan tinggi namun bisa juga mengalami penurunan. Namun untuk bulan agustus-september intensitas hujan cukup rendah, sehingga pemilihan waktu berkunjung disarankan untuk memilih pada Agustus akhir sampai awal September.

2. Memilih Maskapai Penerbangan Murah

Pada zaman sekarang ini telah tersedia maskapai pernerbangan untuk Jakarta-Bangkok dan sebaliknya. Beberapa maskapai menyediakan harga yang cukup bersahabat seperti Scoot, AirAsia, Thai Lion dan Jet Star. Dari maskapai tersebut kita akan mendarat di Low Cost Carrier Terminal (LCCT) yaitu bandara Internasional Don Mueang. Untuk harga sendiri cukup murah, sekitar 1.6 Jutaan sudah termasuk pulang-pergi.

Pada umumnya maskapai penerbangan yang mendarat di Svarnabhumi biasanya jenis premium, namun beberapa maskapai seperti Malaysia Airlines sering menyediakan promo dengan harga spesial sekitar 1.8 Jutaan, namun dengan resiko transit terlebih dahulu di Kuala Lumpur.

Tips lainnya untuk mendapatkan harga penerbangan murah yaitu dengan memesan minimal 3 bulan sebelumnya agar harga yang diperoleh relatif murah.

3. Transportasi dari Bandara

Turun dari bandara, backpacker disarankan untuk memilih naik bus atau kereta. Kemudian mendarat di Svarnabhumi lalu memilih mode airplane rail link dengan budget 60 baht atau sekitar 30 ribu rupiah. Rail link ini beroperasi sampai pukul 21.00 waktu setempat dan akan berhenti di Phaya Thai, Pusat kota. Bisa juga naik bus S1 yang akan turun langsung di kawasan Khao San Road dengan biaya yang sama, yakni 60 baht.

4. Pilihan Transportasi Lokal

Daripada harus menyewa mobil atau motor, transportasi lokal di Bangkok terbilang cukup murah dan lebih efisien. Karena disana transportasi tersebut sudah terintegrasi satu sama lain, mulai dari bus, kereta dan kapal. Tidak usah khawatir tersesat, karena disana terdapat banyak papan petunjuk yang ditulis dengan bahasa Inggris. Sekali pergi jika naik bus biaya yang dikeluarkan cukup murah, sekitar 5 ribu rupiah saja, jika ingin lebih murah pilihlah bus yang tidak ber AC sekitar 3 ribu rupiah saja. Sedangkan jika memilih naik kapal yang menyusuri Sungai Chao Praya berkisar 5.500 saja.

5. Memilih Tempat Wisata

Tempat wisata seperti kuil-kuil di Bangkok, mempunyai harga tiket masuk yang cukup murah sekitar 50-100 bath untuk turis asing, atau jika dirupiahkan sekitar 25-50 ribu rupiah. Harga tiket masuk paling mahal ketika ingin berkunjung ke Grand Palace yakni sekitar 500 bth atau jika dirupiahkan sekitar 250 ribu rupiah. Namun jika anda tidak ingin mengeluarkan banyak uang anda bisa memilih Wat Arun dan Wat Pho yang tidak kalah menyenangkan daripada harus mengeluarkan banyak uang untuk masuk ke Grand Palace.

6. Wisata Pasar Bunga

Ada banyak tempat wisata gratis dan menyenangkan di Bangkok. Salah satunya adalah pasar bunga Pak Klong Talad. Pasar ini berada di area Wat Arun dan Wat Pho. Dari Wat Pho, Anda bisa berjalan sekitar 1 kilometer. Bagi yang suka berfoto, pasar bunga ini adalah surga. Wisatawan dapat memotret aktivitas masyarakat dengan ratusan bunga yang menawan.

Bunga-bunga ini biasanya digunakan oleh mereka untuk berdoa. Harga seikat bunga bahkan hanya 10 baht atau Rp 4.500. Sementara di Indonesia, harganya bisa mencapai Rp. 30-50 ribu.

7. Makan ala Food Street

Tidak perlu khawatir kelaparan saat Anda berada di Bangkok. Sepanjang jalan, Anda akan menemukan makanan ringan pinggiran. Makanan ringan bersih dan berkualitas. Minyaknya juga bening, tidak seperti minyak yang telah digunakan puluhan kali.

Ada banyak jenis makanan ringan. Di antara berbagai barbecue, buah-buahan, hingga daging goreng dan makanan laut. Harga rata-rata 10-20 baht atau paling mahal sekitar Rp 9.000. Ada juga ketan mangga yang dijual seharga 50 bath atau Rp. 20 ribu. Porsi cukup besar, cukup untuk dua orang. Dalam sehari, wisatawan hanya perlu menghabiskan maksimal 200 baht atau Rp. 90 ribu untuk makan dalam satu hari.

8. Memilih penginapan murah di kawasan Khao San Road

Hostel di kawasan Khao San umumnya lebih murah dibandingkan hotel lainnya. Harga sewa semalam untuk satu orang berkisar 200 baht atau sekitar Rp. 90 ribu. Harga termasuk Wi-Fi, peralatan mandi, sarapan, dan AC. Sebelum menginap, wisatawan akan diminta untuk menyetor 200 baht per orang dan akan dikembalikan pada saat check out.

9. Membeli Oleh-oleh di Pratunan dan mini market

Pasar Pratunam adalah pusat oleh-oleh termurah jika wisatawan ingin membeli aksesoris, pakaian atau tas. Kaos dan harga kaos di sini berkisar 100 baht, 400 baht paling mahal. Sementara harga souvenir kolektif umumnya dijual dengan harga 100 baht per 6 unit (untuk dompet kecil) dan 12 (untuk gantungan kunci).

Sedangkan harga tas berkisar antara 100-150 baht, sesuai desain. Dengan membawa 500 baht atau Rp 200 ribu, Anda sudah akan membawa banyak oleh-oleh.

Rincian Biaya

  • Maskapai Penerbangan Rp. 1,600,000
  • Naik Kereta/Bus dari Bandara ke Pusat Kota Rp. 30,000
  • Naik Kapal Menyusuri Sungai Praya Rp. 5,500
  • Wisata Masuk Rp. 50,000 / Tempat
  • Membeli bunga di Wat Arun dan Wat Pho Rp. 4,500
  • Makan sehari Rp. 90,000
  • Hotel/Penginapan Rp. 90,000
  • Oleh-oleh Rp. 500,000

Jika diakumulasikan, biaya perjalanan ke Bangkok selama 4 hari 3 malam tidak mencapai Rp. 3,5 juta. Kuncinya adalah tetap memilih transportasi umum dan menghindari memasuki bar dan makan di restoran yang akan menguras dompet Anda.

Leave a Reply