Home Email Cara Melindungi Akun Gmail Dari Hacker

Cara Melindungi Akun Gmail Dari Hacker

266
0
melindungi akun gmail dari hacker

Anda pasti sering mendengar aa beberapa akun media sossial seperti facebook, twitter, maupun gmail. Jangan dikira akun Anda gmail selalu aman-aman saja, namun akun gmail juga dapat diretas oleh hacker. Jadi untuk menghindari hal demikian, sebaiknya lakukan beberapa cara untuk melindungi akun gmail Anda dari hacker.

Agar akun Anda aman dari peretas sebenarnya bisa dicegah melalui beberapa hal diantaranya password, verifikasi, hingga isi dalam email sendiri. Mengingat saat banyak sekali peretas baik yang hanya main-main maupun yang ahli. Berikut adalah pencegahan sekaligus cara melindungi akun gmail Anda dari hacker:

1. Password

Buat kata sandi yang cukup sulit karena kata sandi yang mudah biasanya mudah menjadi sasaran hacker. Jika Anda khawatir lupa dengan kaata sandi yang begitu rumit, sebaiknya anda tulis kata sandi anda. Perhatikan instruksi dalam pembuatan kata sandi saat Anda membuat dan memasukkan kata sandi. Biasanya ada instruksi kata-kata password lemah. Jadi, sebaiknya Anda ganti dengan yang lebih kuat.

Password yang kuat adalah yang rumit seperti mengkombinasi antara kata, angka, hingga simbol seperti #0history79. Sebaiknya jangan gunakan password nama atau tahun, tanggal kelahiran Anda. Sebab, hal itu akan mudah ditebak oleh orang lain.

2. Kata Pertanyaan Keamanan

Buatlah kata pertanyaan keamanan yang cukup sulit sebagai upaya melindungi akun gmail Anda dari hacker. Jangan buat pertanyaan yang sulit ditebak jawabannya, mengingat banyaknya peretas saat ini baik yang mencoba-coba atau yang sudah mahir.

3. Email Spam

Hati-hati dengan email spaam, sebab di dalamnya biasanya terdapat link-link yang yang berisi pishing. Jika Anda membuka link tersebut akan menyebabkan adanya pencurian akun secara diam-diam oleh peretas dan itu tidak Anda sadari.

4. Hati-Hati dengan Web atau Link Pishing

Sekarang ini banyak sekali web maupun link pishing yang muncul di beranda internet Anda. Jadi, berhati-hatilah dengan link atau web tersebut dan jangan langsung membukanya. Biasanya link tersebut berisi formulir tertentu yang menawarkan sesuatu yang gratis semacam hadiah. Kemudian di situ juga ada kolom untuk memasukkan alamat email dan password. Hal itu bisa jadi dimanfaatkan oleh hacker untuk meretas.

5. Verifikasi Password 2 Kali

Lakukan verifikasi password akun Anda sebanyak 2 kali. Hal ini bisa mencegah atau melindungi akun gmail Anda dari hacker. Jadi, aktifkan verifikasi 2 kali pada saat masuk ke gmail.

Untuk mengaktifkan verifikasi kata sandi dua kali cukup mudah. Pertama masuk keg mail, kemudiaan buka www.myaccount.google.com. Anda bisa memilih SMS sebagai cara untuk melakukan verifikasi dua langkah. Cukup dengan memasukkan nomor telepon Anda yang aktif dan kemudian aka nada kode verifikasi yang masuk pada SMS Anda. Kode tersebut yang dapat mengamankan aakun Anda dari berbagai serangan termasuk peretas. Sebab, pada saat masuk gmail akan muncul 2 kali verifikasi password termasuk dengan memasukkan kode tersebut.

6. Tidak Ada Virus

Pastikan computer maupun handphone Anda bebas virus. Sebab, adanya virus bisa saja membawa indikasi peretasan. Jad, hindarkan komputer Anda dari virus dengan cara selalu hati-hati dengan link atau url yang tidak jelas. Jangan mudah tergiur pula dengan link-link penawaran hadiah atau undian gratis. Jadi, peretasan bisa saja terjadi karena kesalahan Anda sendiri yang tidak disadari hanya karena hal-hal yang sepele.

Leave a Reply