Home Komputer Cara Mempercepat Transfer Data Flashdisk Pada Komputer

Cara Mempercepat Transfer Data Flashdisk Pada Komputer

669
0
mempercepat transfer flasdisk

Jaidot.net – Flashdisk merupakan benda yang dapat menampung banyak data di luar komputer. Ukurannya yang kecil mudah dibawa kemanapun dan kapanmun dibutuhkan. Hampir semua orang memiliki dan menggunkan flashdisk untuk menyimpan data-data penting. Kekurangannya hanya beberapa kali jika Anda ingin mentransfer data yang berukuran besar dari flashdisk membutuhkan waktu yang cukup lama. Oleh karena itu harus ada solusi untuk mempercepat transfer data flashdisk.

Cara untuk mempercepat transfer data flashdisk pastinya sangat membantu Anda agar tidak menunggu terlalu lama, terlebih ketika dalam kondisi terburu-buru. Cara ini khususnya berlaku untuk flashdisk standard yang memiliki kecepatan membaca sebesar 10 Mbps dan kecepatan menulis sebesar 1 sampai 6 Mbps. Jadi, alangkah baiknya Anda mencoba cara mempercepat transfer data flashdisk pada komputer.

Cara Mempercepat Transfer Data

1. Setting Flashdisk Menjadi Ntfs

Merubah pengatura flashdisk menjadi NTFS merupakan cara yang paling tepat dan baik untuk mengatasi lemot saat transfer data. Sayangnya, cara ini hanya bisa diterapkan pada windows XP, Vista, dan NT2000, sehingga untuk windows versi jadul seperti Windows 7 maupun 8 tidak bisa mengaplikasikannya.

Cara ini tidak akan menghilangkan data-data Anda yang ada di flashdisk, jadi tetap aman. Adapun cara mengubahnya adalah, pertama klik Start pada Windows kemudian pilih Run dan ketik “CMD”. Masukkan convert h:/fs:ntfs dan tunggu sampai prosesnya selesai. Lalu ganti huruf “h” tersebut dengan lokasi penyimpanan Anda.

2. Setting Performance Flashdisk

Mensetting performance flashdisk juga dapat mempercepat transfer data flashdisk Anda. Adapun caranya cukup mudah yaitu klik kanan pada flashdisk Anda lalu pilih Properties –Hardware. Kemudian pilih flashdisk Anda dan pilih Properties yang berada di bagian kanan bawah lalu masuk ke Change Setting dan klik Policies. Setelah itu klik Better Performance lalu klik Ok. Demikian flashdisk Anda akan lebih cepat saat mentransfer data yang berukuran besar ke komputer.

3. Optimasi Flashdisk

Anda juga bisa melakukan optimasi pada flashdisk sesegera mungkin agar proses transfer data lebih cepat. Cara ini umumnya dilakukan pada windows XP. Caranya mudah yaitu pertama klik kanan pada flashdisk Anda lalu pilih Propeties. Setelah itu klik tab Hardware dan pilih  USB Drive pada All Drive Disk lalu pilih Properties. Klik tab Policies kemudian pilih Optimize dan terakhir klik Ok.

4. Menggunakan Readyboost

Anda yang mempunyai komputer dengan windows 7 bisa mempercepat transfer data menggunakan ReadyBoost. Caranya cukup mudah yaitu klik kanan pada flashdisk Anda yang terbaca di komputer lalu klik tab Properties dan pilih ReadyBoost untuk mengatur kecepatan transfer.

Pencegahan Lemot Saat Transfer Data Flashdisk

1. Bersihkan Flashdisk Dari Virus

Flashdisk yang terindikasi virus biasanya sangat lemot untuk membuka file maupun mentransfer file. Semakin banyak virus yang ada pada flashdisk Anda, maka semakin lemot pula proses transfer data Anda. Jadi, sebaiknya hindarkan selalu flashdisk Anda dari virus dan terdapat virus pada flashdisk, segera lakukan pemindaian dan penghapusan virus dengan aplikasi anti vrus.

2. Hapus File Yang Tidak Penting

Flashdisk yang terlalu banyak data atau full bisa mempengaruhi kecepatan transfer Anda. Sebaiknya Anda hapus file atau data yang tidak penting untuk mengurangi kapasitas flashdisk juga mengurangi tingkat kelambatan saat transfer data. Jadi, jangan sampai flashdisk Anda full saat melakukan transfer data pada komputer.

3. Eject Flashdisk Sebelum Mencabutnya Dari Komputer

Jangan lupa eject terlebih dahulu sebelum Anda mencabut flashdisk yang ada di komputer, khususnya setelah akktiftas optimasi. Hal ini bertujuan untuk menghindari flashdisk Anda dari kerusakan data dan sebagainya.

Leave a Reply