Home Komputer Cara Mengatasi Keybord Yang Error Dengan Cepat

Cara Mengatasi Keybord Yang Error Dengan Cepat

173
0
mengatasi keyboard rusak

Lagi dikejar deadline eh keybord laptop malah tidak berfungsi. Jangan emosi dulu, coba beberapa tips berikut untuk mengatasi keybord yang error. Ada beberapa alasan mengapa keybord menjadi malfungsi, diantaranya yakni laptop Anda jarang dibersihkan, serta terdapat masalah pada komponen hardware atau sortware di laptop Anda. Sebelum membawanya ke tukang service, alangkah lebih baik jika Anda menerapkan tips berikut ini.

Cara Mengatasi Keybord Yang Error

1. Bersihkan Keyboard Dari Debu

Jika keyboard Anda terasa berat untuk ditekan, mungkin salah satu penyebabnya karena tombol keyboard tersumbat debu yang menumpuk. Jika demikian mungkin hanya satu tombol saja yang malfungsi. Carilah sikat pembersih untuk membersihkan bagian keyboard, miringkan laptop dan bersihkan. Bersihkan juga bagian dalam kipas menggunakan vacum cooling fan, agar laptop berjalan dengan lancar.

2. Restart Laptop Anda Yang Panas

Penggunaan aplikasi secara bersama-sama akan menjadikan mesin laptop bekerja secara maksimal dan menjadikannya cepat panas, sebagai akibatnya seluruh komponen keyboard tidak akan merespon. Biasanya ketika kita menekan tombol keybord maka aplikasi yang kita jalankan menjadi putih (not responding). Untuk menanggulanginya restart laptop Anda dengan menekan menu perintah “Restart” pada taskbar atau dengan menekan tombol power sampai laptop merestart dengan sendirinya.

3. Upgrade Driver Keyboard

Kemungkinan lain keyboard Anda menjadi malfungsi yakni karena driver keyboard Anda usang atau ada pita keyboard yang terlepas. Periksa hal tersebut dengan cara klik menu StartàControl Panel. Pada jendela control panel pilih System and Security. Pada pilihan Hardware and Sound klik Device Manager. Nah dari jendela itu klik menu keyboard.

Jika driver keyboard Anda bermasalah maka akan ada tanda seru dengan segitiga kuning. Jadi carilah driver baru yang sesuai dengan perangkat keyboard Anda. Anda bisa mencarinya sendiri di situs online atau membawanya ke tukang servis komputer. Jika Anda sudah memiliki driver yang cocok maka instal driver tersebut dan lihat apakah keyboard masih bermasalah.

4. Restore Windows

Cara lain mengatasi keybord yang error yakni dengan restore windows. Lakukan cara ini jika Anda mengalami kendala setiap kali mengubah pengaturan atau instal aplikasi. Caranya klik StartàControl Panel. Pada pilihan System and Security, klik Back up your computer. Klik perintah Recover system settings or your computer. Lalu klik Open System Restore. Ikuti langkah-langkahnya hingga selesai dan laptop akan melakukan reboot.

5. Bawa Ke Tukang Service

Jika langkah di atas sudah Anda lakukan namun beberapa tombol keyboard masih tidak bisa digunakan, kemungkinan keyboard Anda mengalami kerusakan. Kerusakan itu bisa karena kabel pita keyboard yang putus, jika Anda bisa membongkar laptop sendiri maka tidak jadi masalah. Namun, jika Anda tidak mampu dan takut merusak laptop Anda, maka bawa saja ke tukang servis terpercaya.

6. Menggunakan Keyboard Pengganti

Anda bisa menggunakan keyboard eksternal untuk mengganti sementara keyboard laptop Anda yang rusak. Keyboard eksternal berfungsi sama seperti mouse, sehingga perlu menggunakan slot USB untuk menghubungkannya. Jika Anda terlalu repot membawa keyboard eksternal kemana-mana, maka Anda juga bisa menggunakan keyboard virtual. Caranya klik Start à All Programs, pilih Accessories. Kemudian klik folder Ease of Access dan pilih On-Screen Keyboard.

Jika semua langkah di atas sudah Anda terapkan, maka jaga dan rawat baik-baik keyboard Anda. Karena mengganti keyboard dengan yang baru juga tidak murah dan belum tentu cocok dengan perangkat laptop. Usahakan tidak menggunakan laptop di atas kasur atau karpet sehingga bagian mesin tidak mudah berdebu. Terakhir, rutinlah untuk memeriksa komponen laptop sehingga masalah kecil bisa kita deteksi sedini mungkin.

Leave a Reply