Home Komputer Cara Mengatasi “Usb Not Recognized”

Cara Mengatasi “Usb Not Recognized”

313
0
USB NOT RECOGNIZED

Anda mungkin pernah mengalami saat mencolokkan USB ke port laptop atau komputer, baik itu mouse, flashdisk, kabel printer, dan sebagainya. Namun setelah disambungkan ke port komputer, USB tersebut tidak terdeteksi oleh komputer dan terdapat pesan “USB Not Recognized” pada layar monitor.

Hal ini bisa disebabkan karena adanya update pada windows yang baru dilakukan, atau sehabis mengubah settingan windows pada komputer. Sebelum adanya update tersebut, USB bekerja seperti biasa. Begitu Anda masukkan ke port PC atau laptop, maka komputer akan membaca dan Anda sudah bisa bekerja langsung dengan perangkat tersebut.

Penyebab lainnya adalah USB yang Anda masukkan membutuhkan driver yang harus diinstall terlebih dahulu di dalam PC atau laptop. Bisa juga terjadi karena pengendali dari USB tersebut rusak atau tidak stabil.

Cara Mudah Mengatasi Masalah USB Yang Tidak Terdeteksi Pada Perangkat Yang Sudah Memiliki Driver

Jika Anda terkendala dalam bekerja di PC atau laptop karena USB yang Anda butuhkan tidak terbaca, maka Anda dapat melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Masuk ke pengaturan device, dengan cara klik kanan icon My Computer, pilih properties, pilih menu Device Manager. Bisa juga dengan cara masuk ke menu Run, setelah Run terbuka ketik Devmgmt.msc lalu tekan Enter.
  2. Setelah jendela Device Manager terbuka, klik tulisan Universal Serial Bus Controllers, ada di bagian bawah menu. Klik kanan pilihan tersebut, maka akan terlihat beberapa USB yang tersedia di komputer tersebut.
  3. Jika dalam pilihan USB tersebut terdapat kata Host Controller, klik kanan pada tulisan tersebut, lalu pilih Uninstall. Jika ada 2 atau lebih yang memiliki tulisan Host Controller, maka Anda harus melakukan uninstall satu persatu. Yang tidak memiliki tulisan Host Controller jangan di lakukan uninstall.
  4. Setelah selesai melakukan uninstall untuk semua USB controller yang bermasalah, maka restart komputer Anda. Setelah restart maka Windows akan membaca ulang USB yang tersambung di komputer. Nyalakan terlebih dahulu perangkat yang disambung, misalnya USB untuk printer, scanner dan sebagainya.

Cara Mengatasi Masalah USB Not Recognized Untuk Driver Yang Belum Ada

Jika perangkat Anda belum memiliki driver, maka cara diatas tidak akan bisa menyelesaikan masalah yang dihadapi. Walaupun USB sudah di uninstall dan diinstall kembali pada saat restart, namun jika driver belum tersedia, maka tetap saja USB tersebut tidak akan dikenali.

Jadi langkah yang harus Anda lakukan adalah:

  1. Cek dahulu driver dari perangkat apakah sudah tersedia atau belum. Misalnya Anda bermasalah dengan printer, Anda masuk ke Control Panel, Device and Printer, cek icon printer apakah berwarna abu-abu atau terang. Jika berwarna abu-abu, maka printer tersebut bermasalah dengan driver atau tidak terbaca di komputer Anda.
  2. Setelah memastikan hal tersebut, Anda masuk ke menu search pada windows, ketik device manager. Maka Anda akan diarahkan pada jendela Device Manager, dan disana akan menampilkan semua device yang terhubung dengan komputer Anda.
  3. Lihat pada tulisan Printer, maka akan terlihat tanda seru yang mengartikan bahwa Anda harus mengkoneksikannya dengan driver.
  4. Install driver yang sesuai dengan perangkat tersebut, biasanya terdapat dalam CD Driver pada saat Anda membeli perangkat, atau Anda bisa download dari situs resminya, sesuai dengan tipe perangkat. Misalnya printer tipe A merk A, maka Anda cari driver yang sesuai.
  5. Setelah download, lalu install driver tersebut di komputer Anda. Restart komputer Anda, nyalakan perangkat yang baru saja diinstall.

Dari Microsoft sendiri merekomendasikan cara mengatasi USB Not Recognized dengan cara melakukan pencarian masalah dengan cara mengunjungi halaman Diagnose and fix Windows USB problems automatically, tinggal ikuti tahap-tahapnya, maka Anda akan menemukan permasalahannya.

Leave a Reply