Home Komputer Cara Mengatasi Windows Not Genuine Tanpa Instal Ulang

Cara Mengatasi Windows Not Genuine Tanpa Instal Ulang

4786
0
Cara Mengatasi Windows Not Genuine Tanpa Instal Ulang

Cara mengatasi windows not genuine – Laptop Anda mengalami perubahan layar menjadi hitam lalu muncul notifikasi “This copy of Windows is not genuine”? Jangan khawatir, beberapa sistem windows memang menyediakan batas waktu untuk kita menggunakan produk trial-nya. Pada windows 7 kita hanya diberi waktu 30 hari masa trial sebelum memasukkan product key, tentunya dengan harga yang mahal. Nah berikut ini beberapa cara mengatasi windows not genuine tanpa instal ulang.

1. Menggunakan CMD (Command Prompt)

CMD atau command prompt merupakan baris perintah bawaan windows yang fungsinya untuk menerjemahkan apa yang kita inginkan pada komputer. Untuk menambah masa trial Windows, Anda bisa menggunakan perintah -slmgr atau singkatan dari Software Licence Manager dan -rearm untuk mereset status lisensi kembali seperti semula. Tentunya perintah ini hanya bisa digunakan beberapa kali masa trial, jadi tidak selamanya.

Untuk mencobanya buka dahulu jendela command prompt dengan klik menu Start lalu ketikkan cmd. Setelah muncul cmd.exe, klik kanan dan pilih Run as administrator. Layar cmd berwarna hitam tanpa ada menu apapun kecuali baris perintah. Dari sana ketik perintah: slmgr –rearm, lalu klik enter. Jika proses berhasil maka komputer akan memberikan perintah untuk restart.

Jika yang muncul adalah tulisan “Slmgr is not recognized”, berarti windows yang Anda jalankan adalah bajakan. Atau bisa jadi sistem windows tidak mengenali perintah slmgr karena telah menghapus atau menggantinya. Pastikan dengan mengetik cd\ pada layar cmd lalu klik enter. Masukkan perintah cd windows\system32 lalu klik enter. Setelah itu ketikkan kembali perintah -rearm yang sama seperti di atas (C:\windows\system32>slmgr -rearm).

2. Menggunakan Windows Loader + MBR Regeneration

Windows loader adalah suatu program yang dikembangkan oleh “tim Daz” untuk mengaktifkan produk windows secara program tanpa menggunakan lisensi. Untuk menggunakannya Anda harus menghilangkan notifikasi Windows is not genuine terlebih dahulu menggunakan MBR Regeneration. Software MBR akan menghilangkan error, lisensi, dan file aktivator yang telah kadaluwarsa. Untuk menggunakannya, download terlebih dahulu kedua software ini secara online.

Setelah berhasil mendownload aplikasi MBR Regeneration, buka aplikasi tersebut. Pada jendela MBR ini, centang opsi Regenerate All Activation System, kemudian klik Start Regenerations System. Tunggu beberapa menit sampai proses selesai, lalu komputer akan memberikan perintah untuk restart. Setelah selesai maka lanjutkan dengan proses aktifasi windows menggunakan Windows Loader dari tim Daz.

Sebelum menginstal Loader, matikan terlebih dahulu windows firewall atau antivirus yang Anda pakai. Lalu buka file Windows Loader yang telah Anda download dari tim Daz. Biasanya file masih dalam bentuk .rar, jadi ekstrak terlebih dahulu file tersebut. Setelah selesai, instal Loader tersebut hingga selesai. Pastikan Anda tersambung koneksi internet yang stabil. Setelah selesai maka Anda akan diminta untuk merestart komputer.

3. Membeli Produk Key (Serial Number)

Jika Anda punya cukup dana, maka akan lebih baik jika Anda membeli lisensi produk Windows yang asli. Dengan produk key tersebut, umur windows Anda akan menjadi permanen sehingga notifikasi Windows is not genuine tidak akan muncul kembali. Anda bisa membeli produk key lewat toko komputer terpercaya atau bisa juga dengan online.

Cara mengatasi windows not genuine tanpa instal ulang  melalui product key bisa dilakukan secara online. Caranya masuk pada windows activation pada control panel, StartàControl Panelà System and Security à Systemà Activate Windows. Pada jendela aktifasi pilih Activate windows online now. Masukkan kode aktifasi yang sudah Anda beli di toko komputer atau toko online, dan tunggu hingga proses selesai.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi windows not genuine tanpa instal ulang. Semoga artikel ini membantu kalian mengatasi masalah “windows not genuine”.

Leave a Reply