Home Tekno Memanfaatkan Teknologi Digital Untuk Pendidikan

Memanfaatkan Teknologi Digital Untuk Pendidikan

247
0
memanfaatkan teknologi untuk pendidikan

Baru-baru ini ada satu situs digital yang menawarkan program kursus atau bimbingan belajar untuk siswa yang dilakukan secara online (teknologi digital). Dalam situs berbayar tersebut menyajikan berbagai bidang studi yang umum dibutuhkan oleh para siswa seperti Matematika, Fisika, Biologi, Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin dan bidang studi lainnya.

Pemanfaatan teknologi digital tersebut tentunya akan memangkas biaya yang tinggi dibandingkan dengan mengikuti kursus secara offline yang selama ini dilakukan oleh para siswa. Cara ini sedang berkembang dan aplikasi sangat mudah digunakan, tinggal diunduh dari Playstore android Anda.

Saat ini pengguna smartphone yang mengunduh aplikasi tersebut sudah mencapai 8 juta orang siswa dari seluruh Indonesia dan sedang bertambah terus setiap harinya. Hanya dengan membayar biaya berlangganan, Anda sudah dapat mengikuti kursus untuk berbagai mata pelajaran sesuai paket yang dipilih.

Keuntungan Penggunaan Teknologi Digital Untuk Sarana Kursus Online

Tentunya pembuatan situs kursus online tersebut tidak lepas dari modal usaha yang cukup besar, dari pembuatan aplikasi, promosi hingga pencarian tutor-tutor profesional yang akan mengisi pelajaran yang akan dibagikan kepada penggunanya.

Dengan modal yang besar tersebut, tentunya mengharapkan tujuan yang besar juga, selain memberikan ilmu dengan harga terjangkau, juga memberikan keuntungan bagi pemilik situs. Dari sisi pengguna, keuntungan menggunakan cara kursus online tersebut adalah antara lain:

  1. Efisiensi waktu, karena hanya dilakukan dari rumah atau dimana pun, tidak perlu menghabiskan waktu di perjalanan untuk menuju ke tempat kursus yang belum tentu dekat dengan rumah.
  2. Efisiensi dana, dengan harga yang sangat murah dibandingkan dengan kursus biasa (offline). Harga murah tersebut bisa dicapai karena kursus online tidak membutuhkan sewa gedung maupun peralatan dalam tempat kursus, seperti kursi dan meja. Sehingga modal usaha akan lebih minimalis dibandingkan modal untuk membuka kursus biasa.
  3. Bisa digunakan dan diinstall dari berbagai penjuru Indonesia maupun luar negeri, hanya dengan mengunjungi situs kursus online tersebut dan membayar biaya langganannya. Hal ini tentunya berdampak positif yaitu pengajaran yang merata di seluruh wilayah. Jadi pelajaran tersebut bukan hanya dinikmati di kota besar, tapi di seluruh area sampai pelosok.
  4. Selain pemerataan ilmu, juga memberikan pemerataan kesempatan mengikuti kursus dengan biaya yang sangat terjangkau, hanya senilai ratusan ribu rupiah per tahun, dibandingkan kursus offline yang mencapai hampir 10 kali lipat dibandingkan biaya tersebut.
  5. Terdapat forum untuk tanya jawab, apabila pelajaran yang disampaikan dalam video masih kurang dimengerti. Juga tersedia fitur belajar bersama, les private online yang bisa memilih tutor yang diinginkan, test atau try out online, dan banyak fitur lainnya dalam situs tersebut.

Sedangkan keuntungan yang didapatkan oleh pembuat kursus adalah antara lain:

  1. Biaya modal yang kecil dibanding membuka tempat kursus manual atau offline.
  2. Lebih mudah dalam mendapatkan tutor, karena tutor tidak perlu hadir setiap waktu tertentu seperti pada tempat kursus biasa. Untuk satu sesi pelajaran hanya perlu diunggah sekali saja, tidak seperti sistem offline, untuk mengajarkan satu sesi pelajaran, tutor harus datang beberapa kali ke kelas yang berbeda dan waktu yang berbeda.
  3. Jika ada update dari pelajaran, maka tinggal membuat video update lalu mengunggahnya ke situs dan akan ditonton oleh semua penggunanya kapan dan dimana saja.

Pemanfaatan teknologi digital untuk pembuatan tempat kursus ini memang belum banyak dilakukan oleh vendor lain, namun dengan banyaknya keuntungan yang diperoleh tersebut, nantinya akan diikuti oleh vendor-vendor lainnya dan menciptakan persaingan yang ketat dalam bisnis kursus online tersebut.

Leave a Reply