Home Jaringan Copy-Paste File Film Lebih Cepat Dengan Setting Jaringan Ad Hoc

Copy-Paste File Film Lebih Cepat Dengan Setting Jaringan Ad Hoc

227
0
Cara membuat jaringan Ad HOC

Anda anak kos-kosan penyuka film drama Korea atau anime Jepang? Jika iya, fenomena copy paste film pasti sering Anda lakukan. Berhubung sesi film tidak hanya satu atau dua episode, maka ukuran file pasti besar dan butuh waktu yang lama untuk memindahkannya lewat flashdisk. Namun Anda bisa mempersingkat proses tersebut dengan cara membuat setting jaringan Ad Hoc bersama teman kos Anda.

Apa Itu Jaringan Ad Hoc?

Jaringan Ad Hoc merupakan topologi jaringan wireless yang mampu menghubungkan dua atau lebih komputer tanpa harus menggunakan router dan kabel. Untuk cara membuat setting jaringan Ad Hoc, maka perlu komputer server yang bertindak sebagai pemberi film dan komputer client sebagai penikmat film. Sebagai server, maka ia harus memberi fasilitas penghubung dan juga file yang harus di-share. Langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut.

Komputer Server

1. Membuat Jaringan Penghubung “Ad Hoc”

Untuk membuat jaringan ini, aktifkan wireless PC terlebih dahulu. Pada notifikasi wifi yang bergambar jaringan internet, klik opsi Open Network and Sharing Center. Anda akan dibawa menuju jendela Network and Sharing Center. Pilih opsi Set up a new connection or network, yang bergambar 2 komputer yang saling terhubung dan terdapat ikon “tambah” berwarna hijau.

Pilih Set up a wireless Ad Hoc (computer to computer) network, yang bergambar 3 komputer saling terhubung membentuk segitiga. Nah dari sini tentukan nama Ad Hoc Anda. Pada kolom keamanan, pilih opsi WPA2-Personal dan tentukan pasword yang akan digunakan. Namun, jika Anda ingin semua perangkat terhubung tanpa verifikasi, cukup pilih tipe No Authentication (Open).

2. Simpan Jaringan Ad Hoc

Centang perintah Save this network dan klik next agar Ad Hoc yang Anda buat tidak hilang setelah komputer mati dan agar Anda tidak perlu repot membuatnya lagi. Setiap komputer yang terhubung Ad Hoc dapat menikmati fasilitas yang Anda bagikan seperti file dan printer. Mereka juga bisa menikmati koneksi internet apabila Anda terhubung pada suatu wifi atau modem.

3. Share Folder Film Yang Ingin Dibagi

Agar teman Anda bisa menikmati film secara langsung dari komputer Anda, maka folder film harus dibagikan. Caranya klik kanan pada folder, lalu klik perintah Share with, dan pilih opsi Spesific people. Dalam tab isian pilih “Everyone” dan klik Add. Untuk menghindari agar teman Anda tidak mengedit atau menghapus file film Anda, maka gunakan level izin “Read”, jangan Read /Write ya.

Komputer Client

1. Menghubungkan Ke Jaringan Yang Telah Dibuat

Ad Hoc yang berhasil dibuat akan muncul pada pilihan koneksi wifi, dengan gambar tiga komputer saling terhubung membentuk segitiga. Teman Anda yang ingin menikmati fasilitas sharing file atau perangkat printer dan modem harus terhubung dengan Ad Hoc ini. Namun sebagai konsekuensi, ia harus putus koneksi dengan jaringan wifi lainnya.

2. Menikmati File Atau Perangkat Yang Telah Dibagi

Komputer klien bisa menikmati file atau perangkat yang telah Anda bagikan dengan membuka jendela network. Jendela ini bisa diakses dengan membuka StartàComputer. Opsi Network berada di bawah opsi disk komputer, dengan ikon komputer dan globe. Dari situ teman Anda bisa melihat file-file atau perangkat media apa saja yang dibagi untuk bisa digunakan secara bersama-sama.

3. Menjadikan Folder Film Sebagai Hardisk

Agar teman Anda bisa menikmati film tanpa harus mengecek komputer Anda mati atau tidak, maka ia bisa menjadikan folder yang telah dibagi menjadi hardisk di komputernya. Caranya dengan klik kanan pada folder, lalu klik Map New Drive. Secara otomatis folder akan menjadi hardisk. Jika tanda hardisk terdapat silang merah, maka menandakan bahwa ia tidak terhubung atau komputer server mati.

Leave a Reply