Home Karir 8 Pertanyaan yang Sering Ditanyakan saat Wawancara Kerja

8 Pertanyaan yang Sering Ditanyakan saat Wawancara Kerja

185
0
wawancara kerja

Siapa yang tidak grogi membayangkan kita sedang wawancara kerja di berondong dengan pertanyaan-pertanyaan mematikan dari HRD. Saya sendiri yang sudah bekerja beberapa tahun di perusahaan, rasanya masih grogi ketika interview kerja.

Alangkah lebih baiknya jika kita merangkum pertanyaan dan jawaban untuk kita pelajari dan terapkan ketika wawancara kerja. Rangkuman berikut ini adalah beberapa pertanyaan wawancara kerja yang sering di tanyakan HRD kepada calon karyawan.

1. Mengapa Anda ingin bekerja untuk perusahaan ini? Mengapa Apakah Anda tertarik dalam pekerjaan ini?

Pewawancara sedang mencoba untuk menentukan apa yang Anda tahu dan suka tentang perusahaan, Apakah Anda akan bersedia untuk membuat komitmen untuk pekerjaan, dan jika Anda keterampilan sesuai persyaratan pekerjaan.

Penelitian Anda akan sangat membantu dalam merumuskan jawaban Anda untuk pertanyaan ini. Mengatakan karena banyak hal-hal positif tentang perusahaan sebanyak mungkin, menunjukkan minat Anda dalam apa pun produk/jasa mereka jual dan menjelaskan mengapa posisi sesuai dengan tujuan karir Anda.

2. Apakah Anda melakukan pekerjaan sebelum semacam ini?

Pewawancara ingin tahu jika Anda dapat belajar untuk melakukan pekerjaan dalam waktu yang wajar dan berapa banyak pelatihan Anda akan perlu. Pernah berkata “tidak” untuk pertanyaan ini.

Sebaliknya, stres pengalaman yang Anda miliki yang akan membantu Anda dalam mempelajari pekerjaan baru dengan cepat dan efisien. Dua pekerjaan sama dan Anda tidak pernah melakukan pekerjaan yang sama. Dalam semua pekerjaan, keterampilan baru, peraturan, dan rincian harus belajar.

Pastikan untuk menyebutkan berikut:

  • Pengalaman kerja masa lalu Anda.
  • Pendidikan dan pelatihan yang berhubungan dengan pekerjaan Anda.
  • Pekerjaan sukarela yang mungkin berhubungan dengan pekerjaan.
  • Setiap keterampilan dipindahtangankan – misalnya keterampilan organisasi, keterampilan orang.
  • Kemampuan Anda untuk belajar dengan cepat dan seberapa cepat Anda belajar itu jenis pekerjaan di masa lalu.

3. Apa jenis pelatihan atau kualifikasi Anda punya?

Pewawancara sedang mencoba untuk mencari tahu apa sekolah kredensial yang Anda miliki. Jika Anda memiliki kualifikasi sekolah formal tetapi memiliki banyak pengalaman, Anda mungkin mengatakan:

Aku tidak mendapatkan sekolah formal pelatihan untuk pekerjaan ini tapi aku punya (nomor) dari tahun pengalaman di lapangan. Saya bersedia untuk belajar keterampilan baru atau pergi ke sekolah untuk mendapatkan pelatihan lebih lanjut jika saya sedang ditawarkan pekerjaan. Saya belajar dengan cepat dan saya ingin tetap meningkatkan keterampilan saya.

Jika Anda baru saja menyelesaikan kursus pelatihan, namun memiliki sedikit pengalaman kerja, mightsay Anda:

Aku mengambil satu tahun program pelatihan di (nama program) (nama sekolah) yang berkaitan dengan pekerjaan saya mengajukan permohonan. Saya berharap untuk bekerja di bidang dan mempraktekkan apa yang saya pelajari. Saya tidak punya banyak pengalaman kerja di daerah ini, tapi aku belajar dengan cepat. Saya tahu Anda akan bahagia dengan pekerjaan saya.

4. Ceritakan tentang diri Anda. Mengapa kita harus mempekerjakan Anda?

Pewawancara sedang mencoba untuk mencari tahu tentang Anda, keterampilan pekerjaan Anda dan seberapa baik Anda mengekspresikan diri. Tidak memikirkan masalah-masalah pribadi. Negara kualifikasi Anda terbaik untuk pekerjaan.

Jadilah spesifik dan termasuk contoh-contoh untuk mendukung pernyataan Anda. Mencoba untuk menunjukkan bahwa Anda memenuhi harapan majikan. Sebagai contoh:

Saya tepat waktu, dapat diandalkan dan dapat diandalkan untuk menyelesaikan apa yang saya mulai. Saya mendapatkan banyak kepuasan dari mengetahui bahwa aku melakukan sesuatu yang baik dan tepat waktu.

SiaSebagai contoh, di pekerjaan saya sekarang, aku diberi perintah kerja yang berbeda setiap hari.

Itu adalah tanggung jawab saya untuk menyelesaikan perintah dan memastikan mereka semua memenuhi standar mutu dan keselamatan dalam batas waktu tertentu. Pada kesempatan itu, aku harus membiasakan diri dengan produk dan proses produksi. Selalu saya mampu untuk belajar dengan cepat dan melaksanakan tanggung jawab pekerjaan saya.

Perusahaan kami dikenal untuk membuat produk makanan olahan yang sangat baik. Pada tahun 1990, ia menerima penghargaan untuk berada di Kanada atas perusahaan di bidang. Saya merasa saya dapat menggunakan keterampilan yang sama dan kerja keras untuk melakukan baik pada pekerjaan ini juga.

5. Apa yang Anda lakukan di waktu luang Anda?

Pewawancara bertanya pertanyaan ini untuk melihat apakah kegiatan dan hobi Anda mungkin dapat membantu perusahaan dan untuk mendapatkan gambaran tentang apa jenis orang Anda berada di luar kehidupan kerja Anda.

Menggambarkan pekerjaan sukarela yang Anda lakukan dan hobi atau kepentingan yang mungkin berhubungan dengan pekerjaan dalam beberapa cara. Tetap aktif hobi, seperti bermain olahraga, pertukangan, berkebun, dll. Menghindari menyebutkan tidak aktif dan tidak kreatif kegiatan seperti menonton televisi.

6. Apa pendapat Anda tentang bekerja dalam kelompok?

Pewawancara sedang mencoba untuk mencari tahu tentang kemampuan Anda untuk bergaul dengan orang lain. Fokus pada berikut:
Keuntungan bekerja dalam kelompok. Menjelaskan bagaimana berbagai individu dalam kelompok melengkapi satu sama lain dalam melaksanakan tugas-tugas tertentu.

Memberikan contoh-contoh spesifik dari pengalaman pribadi Anda dalam kelompok

7. Bagaimana Anda bereaksi terhadap instruksi dan kritik saat wawancara kerja?

wawancara kerja
Ilustrasi Wawancara Kerja

Pewawancara sedang mencoba untuk mencari tahu bagaimana Anda bergaul dengan pengawas dan bagaimana Anda merasa tentang otoritas. Anda mungkin mengatakan:
Saya menghargai persiapan instruksi dan kritik bila dilakukan secara adil dan konstruktif.

8. Dengan jenis pengalaman kerja yang Anda miliki, Apakah Anda berpikir pekerjaan ini akan membuat Anda bosan?

Pewawancara mungkin berpikir Anda yang memenuhi syarat over dan menginginkan pekerjaan ini hanya sampai sesuatu yang lebih baik datang. Stres bahwa tidak ada pekerjaan pernah membosankan karena Anda selalu belajar keterampilan baru.

Menyebutkan bagaimana Anda akan mendapatkan keuntungan dengan bekerja untuk perusahaan dan sebaliknya.

Leave a Reply