Home Komputer Tips Memilih Power Supply Yang Baik Untuk Komputer

Tips Memilih Power Supply Yang Baik Untuk Komputer

345
0
power supply

Jaidot.net – Power Supply merupakan perangkat komputer yang sangat penting. Bagian ini berguna untuk mengubah arus listrik bolak balik menjadi menjadi arus listrik yang searah (DC). Power supply juga bertugas mengalirkan arus listrik ke seluruh bagian komputer agar bisa hidup dan berjalan dengan baik. Jadi, power supply ini sangat vital sehingga Anda harus panda dalam memilih power supply untuk komputer Anda.

Anda tidak bisa menganggap sepele dengan bagian yang satu ini, sebab sangat berpengaruh terhadap kehidupan komputer. Mengingat listrik yang dialirkan power supply sangat berpengaruh terhadap bagian lain dari komputer. Jadi, Anda perlu memperhatikan beberapa cara atau tips dalam memilih power supply yang baik.

Tips Memilih Power Supply

1.Merk Dan Kualitas

Power supply yang memiliki merk terkenal biasanya mempunyai kualitas yang baik. Meskipun demikian, Anda harus tetap hati-hati dengan bawaan casing atau hanya versi KW nya saja. Power supply yang mempunyai merk terkenal biasanya juga lebih terjamin dan dapat dipercaya.

Jangan tergiur dengan harga yang murah karena dikhawatirkan mempunyai kualitas yang tidak bagus. Harga yang cukup tinggi ini biasanya untuk power supply yang bermerk terkenal. Meskipun demikian tidak menutup kemungkinan bahwa power supply yang murah memiliki kualitas yang baik pula.

2. Efisiensi

Pada power supply baru bisanya terdapat sertifikat efisiensi. Jadi sebaiknya Anda perhatikan sertifikat tersebut,dimana di sana terdapat tulisan tertentu. Pilih power supply yang mempunyai sertifikasi 80+ dan mempunyai efisiensi 80% ke atas.

Efisiesi ini sebaiknya Anda sesuaikan dengan kebutuhan PC Anda sehingga dapat mengalirkan listrik pada bagian lain komputer Anda dengan baik. Semakin tinggi efisiensi yang dimiliki power supply, maka hasil biaya listrik akan lebih kecil.

3. Daya Tampung Maksimal

Daya tampung ini maksimal menjadi bahan pertimbangan saat Anda memilih atau membeli power supply. Mengingat setiap komputer memiliki kebutuhan daya yang berbeda-beda, sehingga Anda juga harus menyesuaikannya. Anda sebaiknya melebihi daya tampung maksimal untuk PC Anda agar bisa berjalan maksimal. Misalnya saja PC Anda memiliki daya tampung sebanyak 360W, maka Anda mencari power supply yang lebih dari itu seperti 450W.

4. Cari Informasi Sebanyaknya Sebelum Anda Membeli Power Supply

Sebelum Anda terjun langsung ke lapangan untuk membeli power supply yang baru, sebaiknya Anda lakukan penelitian ringan dengan cara mencari informasi di web tertentu atau pada ahlinya. Hal ini bertujuan agar Anda tidak bingung saat membeli power supply.

5. Memilih Power Supply Yang Lebih Berat

Berat power supply menjadi bahan pertimbangan dalam mencari power supply yang bagus. Komponen power supply yang bagus dan berkualitas, biasanya menggunakan bahan terpilih serta berkualitas. Seperti halnya kumparan-kumparan kabelnya lebih banyak dan sebagainya, sehingga beratnya menjadi tidak biasa. Selain itu power supply yang berkualitas biasanya menggunakan kabel dobel atau berlapis agar lebih kuat dan tahan lama.

6. Ul Number

UL Number adalah semacam sertifikat atau tanda bagi produsen power supply. Ketika Anda membeli power suppy sebaiknya perhatikan atau teliti UL Numbernya terlebih dahulu apakah produsen sudah terdaftar atau belum secara resmi. Untuk mengetahuinya Anda bisa membukanya di www.ul.com/database/.

Produsen yang bersertifikat atau sudah terdaftar secara resmi, artinya mereka sudah profesional, ahli, serta dapat dipercaya dengan produk-produknya. Dengan demikian Anda juga bisa memastikan baik tidaknya kualitas power supply tersebut.

7. Perhatikan Spesifikasi Lain

Untuk memastikan kualitas power supply, Anda bisa melihat spesifikasi lain seperti ampere hingga voltare pada label yang ada. Hal ini untuk memastikan dan menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Leave a Reply